Kamis, 01 Desember 2016

PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Dalam proses belajar mengajar selain harus memperhatikan model dan media pembelajaran, seorang pendidik pun harus memperhatikan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk digunakan selama proses pembelajaran. Hal demikian dimaksudkan agar pendidik dapat memberikan treatment yang tepat dalam menghadapi siswa selama proses pembelajaran dimana dengan adanya kesesuaian treatment tersebut dapat membantu tercapainya tujuan dari pembelajaran.

Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli
1. (Raka Joni); pendekatan pembelajaran merupakan cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian, sehingga berdampak ibarat orang yang memakai kacamata (menjadi lebih jelas).
2. (Depdikbud); pendekatan pembelajaran merupakan proses perbuatan, perbuatan, cara untuk mendekati sesuatu.
3. (Wahjoedi); pendekatan pembelajaran merupakan cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa sehingga mereka dapat aktif belajar dan dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.
4. (Suherman); pendekatan pembelajaran merupakan suatu jalan, cara yang ditempuh guru atau murid dalam pembelajaran atau materi pembelajaran itu.


Macam-macam Pendekatan Pembelajaran
1. Pendekatan Lingkungan
Pendekatan ini mengaitkan lingkungan dalam suatu proses pembelajaran. Lingkungan dapat berperan penting dalam interaksi belajar siswa. Lingkungan dianggap menjadi sasaran belajar, sumber belajar, dan sarana belajar. Kelebihan dari pendekatan ini adalah proses belajar menjadi lebih bermakna karena mendorong penghayatan nilai-nilai/aspek kehidupan, selain itu pendekatan ini juga membuat proses belajar lebih menarik.

2. Pendekatan Keterampilan Proses
Dalam pendekatan ini, pembelajaran mengarah pada pengembangan kemampuan mental, fisik, dan sosial siswa. Keterampilan dasar yang diarahkan dalam pendekatan pembelajaran ini yaitu: kemampuan mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasikan, mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan.
3. Pendekatan Inquiri
Dalam pendekatan pembelajaran ini siswa dituntut untuk aktif mencari tau sendiri informasi yang diperlukan dalam menunjang pemahamannya terhadap suatu materi. Dalam penerapan pendekatan pembelajaran inquiri terdapat prinsip-prinsip yang harus diperhatikan, yaitu:
a. Berorientasi pada pengembangan intelektual siswa
b. Prinsip interaksi; guru sebagai pengatur lingkungan dan pengatur interaksi
c. Prinsip bertanya
d. Prinsip belajar untuk berpikir
e. Prinsip keterbukaan; anak diberikan kebebasan melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Jenis-jenis pendekatan pembelajaran inquiri
a. Guided Inquiry (Inquiri terbimbing)
b. Modified Inquiry
c. Invitation Into Inquiry
d. Pictorial Riddle

1 komentar: