Minggu, 11 Desember 2016

Ciri-ciri Sikap Ilmiah

Seseorang yang dalam setiap tindakannya menerapkan perilaku/sikap ilmiah memiliki ciri-ciri, di antaranya sebagai berikut.
1. Sikap Ingin Tahu
Seseorang dengan sikap ilmiah apabila menghadapi suatu masalah yang baru dikenalnya, maka ia berusaha mengetahuinya dan senang mengajukan pertanyaan tentang objek dan peristiwa.
2. Sikap Kritis
Seseorang yang bersikap ilmiah tidak akan langsung begitu saja menerima kesimpulan tanpa ada bukti yang kuat. Suatu informasi baru dapat mereka yakini apabila didukung oleh bukti-bukti serta sumber-sumber yang jelas dan terpercaya.
3. Sikap Objektif
Seseorang dengan sikap ilmiah melihat sesuatu sebagaimana apa adanya objek, tidak mementingkan kepentingan dirinya sendiri.
4. Sikap Ingin Menemukan
Seseorang yang bersikap ilmiah selalu memberikan saran-saran untuk eksperimen-eksperimen baru dengan cara yang baik dan konstruktif.
5. Sikap Tekun
Mereka yang bersikap ilmiah tidak akan pernah bosan mengadakan penyelidikan, bersedia mengulangi eksperimen yang hasilnya meragukan, tidak akan berhenti melakukan kegiatan-kegiatan apabila belum selesai.
6. Sikap Terbuka
Seseorang dengan sikap ilmiah selalu bersedia mendengar argumen orang lain sekalipun berbeda dengan apa yang diketahuinya, terbuka menerima kritikan dan respon negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar