Jumat, 16 Desember 2016

Benda-benda Kananisme

Banyak sekali benda yang dirancang untuk pengguna tangan kanan, contoh rill diskriminasi penggunaan tangan kiri tanpa kita sadari dapat diketahui secara langsung lewat benda-benda yang kita gunakan sehari-hari. Pada umumnya, para penciptanya memfasilitasi pengguna tangan kanan, sekalipun benda tersebut adalah benda yang sudah merakyat, seperti: pakaian, laptop, kamera, dan lain-lain. Berikut ini beberapa contoh benda tersebut.
1. Komputer
Komputer jelas-jelas diciptakan bagi pengguna tangan kanan. Di bagian kanan papan kunci ada papan angka yang biasa digunakan untuk memasukkan angka ke dalam komputer. Biasanya, tombol-tombol angka ini akan dipakai oleh kasir bank atau pengguna komputer yang akan memasukkan ke dalam komputer angka-angka dalam jumlah yang banyak dan sering. Mengapa diletakkan di sebelah kanan, bukan di sebelah kiri? Jawabannya tentu berhubungan dengan kecakapan pengguna tangan kanan untuk memasukkan angka-angka yang banyak dan sering dengan tangan kanan.

2. Mouse Komputer
Mouse komputer disetting bagi pengguna tangan kanan. Jika pengguna tangan kiri hendak memindahkannya ke tangan kirinya tentu bisa, namun ia harus mengubah penyetan (setting) dulu sebelum menggunakannya di tangan kiri.

3. Telepon Meja
Sebuah telepon meja memiliki gagang yang bisa digunakan untuk berbicara dan mendengarkan dan seperangkat tombol-tombol. Jika kita perhatikan, maka gagang telpon selalu berada di bagian kiri dari telepon sementara tombol-tombol ada di sebelah kananya. Dari tampilannya kita bisa membayangkan bahwa pabrik telepon berasumsi bahwa pengguna akan mengangkat telepon dengan kanan kirinya dan menggunakan tangan kanan untuk memencet tombol-tombol. Untuk mengangkat gagang telepon orang hanya butuh satu aksi, sementara untuk memencet tombol orang mungkin butuh lebih dari satu tindakan. Jika nomor tujuan tidak disimpan di salah satu memori telepon atau ia tidak memiliki seorang sekretaris yang akan menelponkan seseorang lain bagi dirinya, maka ia setidaknya akan melakukan setidaknya dua atau tiga aksi untuk tersambung dengan telepon rekan sekantornya atau lima hingga belasan aksi untuk terhubung dengan orang lain di luar kantornya. Jelas untuk aksi yang lebih banyak itu ia butuh tangan yang lebih dominan, dan pabrik berasumsi bahwa tangan itu adalah tangan kanan.

4. Mesin ATM
Mesin ATM memiliki lubang untuk memasukkan kartu ATM di sebelah kanan, berarti sebaiknya menggunakan tangan kanan untuk melakukannya. Tombol-tombol mungkin ada di bagian tengah meja mesin, namun tombol-tombol eksekusi lain kebanyakan ada di bagian kanan. Jadi, jelas pabrik berasumsi penggunanya beraksi dengan tangan kanan lebih sering karena dompetnya ada di tangan kiri.

5. Kamera
Tombol untuk mengambil gambar ada di bagian kanan kamera. Oleh sebab itu, pasti harus menggunakan telunjuk tangan kanan untuk menekannya. Hal ini memberi kesulitan tersendiri bagi pengguna tangan kiri.

6. Jam Tangan
Jika dilihat secara saksama, tombol yang digunakan untuk menyesuaikan waktu dan tanggal harus menggunakan tangan kanan, karena posisinya yang ada di bagian kanan jam.

7. Bangku Kampus
Di kampus hanya tersedia kursi-meja dengan lengan untuk menulis di sebelah kanan. Untuk mengakali masalah ini saya pernah melihat teman yang kidal harus meminjam lengan-tulis kursi di sebalahnya. Misalnya, orang yang kidal akan duduk di kursi yang paling kanan, namun menulis menggunakan lengan-tulis kursi yang di sebalah kirinya. Otomatis kursi yang di sebelah tengah tidak ada yang menduduki. Orang berikutnya baru bisa duduk di bagian paling kiri.

8. Sepeda Motor
Di sepeda motor ketidakadilan itu juga terlihat. Starter kaki ada di sebelah kanan sehingga orang kidal akan kesulitan jika ia ingin menggunakan kaki kirinya untuk mengengkol motor. Standar, baik yang tunggal maupun ganda, terletak di kiri motor. Ini bukan berarti ditujukan untuk orang kidal. Jika seorang pengendara motor telah naik ke sadel dan ia ingin melepas standar tunggalnya, maka otomatis ia butuh kaki kiri untuk melepas standar sementara keseimbangan motor ia pertahankan dengan kaki sebelah kanan —kaki yang terkuat (setidaknya itu yang diasumsikan oleh pabrik).
Standar ganda juga dibuat dengan asumsi itu, injakan yang menonjol di standar tersebut letaknya ada di sebelah kiri motor karena diasumsikan pengendara ketika akan memarkir motor dan menggunakan standar ganda, ia akan berada di sebelah kiri motor. Dengan kaki kirinya ia akan menginjak besi injakan tersebut, bertumpu dengan kaki kanannya —yang lebih kuat dan menggunakan kedua tangannya untuk menarik sepeda motor agar bisa berdiri.

9. Gitar
Gitar dibuat dengan asumsi pengguna bertangan kanan, tidak kidal. Oleh sebab itu, pengguna tangan kiri harus membalik posisi semua senar dari atas ke bawah.

10. Senapan
Pada penggunaan senapan, pengguna tangan kiri akan meletakkan telunjuk kiri bersama dengan seluruh telapak tangan di pemicu dan sekitarnya. Pada tahap ini, tidak akan ada masalah. Masalah baru timbul karena setiap senjata api memiliki tuas pengaman, yang kalau tidak dipindahkan dari posisi “terkunci” maka ia tidak akan bisa ditembakkan. Tuas “safety” adalah kunci pengaman yang dimaksud ada di sebelah kiri senjata. Pengguna tangan kiri, membutuhkan tangan kirinya untuk memindahkan tuas pengaman itu dari terkunci ke tidak terkunci.





Sumber:
Febrianto, Rahmat. 2011. “Dunia dan penggunaan tangan kanan”, diakses pada tanggal 15 Desember, pukul 21.46 WIB [Online]
Purba, Siska Rannywati. 2012. Sejarah diskriminasi penggunaan tangan kiri, diakses pada tanggal 15 Desember 2016, pukul 21.46 WIB [Online]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar