Minggu, 11 Desember 2016

Pendekatan Longitudional, Transerval, Sekuensial dan Lintas Budaya

Pembahasan mengenai pendekatan lebih umum mengandung 2 pengertian, yaitu memberikan lebih banyak data mengenai keseluruhan perkembangan atau beberapa aspeknya, dan meninjau pengaruh faktor endogen (bawaan) dan eksogen (lingkungan khususnya kebudayaan) bagi perkembangan seseorang. Adapun pendekatan psikologi perkembangan dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Pendekatan longitudional
Pendekatan longitudional adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembangan manusia dalam jangka waktu yang lama atau sebagian waktu dari hidup manusia tersebut, Misalnya mengikuti perkembangan seseorang sejak lahir sampai akhir hidupnya atau sebagian dari hidupnya. 
2. Pendekatan transerval atau cross-sectional
Pendekatan transerval adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembangan manusia dari beberapa kelompok dalam jangka waktu yang relatif singkat. Pada pendekatan ini, penelitian dilakukan terhadap beberapa subjek yang dikelompokkan, Misalnya dikelompokkan menurut usia subjek yang diteliti secara berurutan (14 tahun, 15 tahun, 16 tahun). Kemudian kelompok yang berbeda tersebut dapat dibandingkan dalam beberapa hal, seperti IQ, memori, emosi, cara bergaul dengan teman sebaya dan sebagainya.
3. Pendekatan sekuensial
Pendekatan sekuensial adalah pendekatan kombinasi dari longitudional dan cross-sectional. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk membandingkan perbedaan individual dan perkembangan. Pendekatan sekuensial sangat berguna, terutama dalam menguji pengaruh generasi pada perkembangan rentang hidup.
4. Pendekatan cross-culture (lintas budaya)
Pendekatan cross-cultural adalah pendekatan dalam penelitian yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan maupun kebudayaan yang dapat mepengaruhi perkembangan manusia. Pendekatan ini dilakukan terhadap beberapa kelompok yang berbeda latar belakang kebudayaannya, baik melalui percobaan maupun tes pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pengumpulan data lainnya untuk dianalisis persamaan dan perbedaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar