Selasa, 22 November 2016

HIJRAH DAN MENGHIJRAHKAN

Hijrah yang sacara bahasa bermakna adalah pindah, bisa berpindah tempat tinggal dan juga berpindah dari suatu kondisi ke kondisi yang lebih bagus. Berpindah dari suatu keadaan yang buruk kepada keadaan yang lebih baik.
Salah satu fitrah manusia adalah selalu ingin jadi lebih baik dari waktu ke waktu, dari hari ke hari dan dari masa ke masa. Siapapun itu orangnya. Sejatinya pembelajaran hijrah adalah dari Rasulullah SAW yang berpindah tempat dari makkah ke madinah. Dari negeri jahiliyah yang menolak dakwah Rasulullah SAW ke Madinah yang menerima dakwah Rasulullah SAW.
Dari pembelajaran hijrahnya Rasulullah SAW ada hikmah penting yang bisa kita ambil yaitu hijrah itu tidak ringan dan membutuhkan pengorbanan. Tidak hanya pengorbanan waktu dan tenaga tapi juga pengorbanan jiwa dan raga. Kita pasti menginginkan untuk hijrah atau menghijrahkan diri kita ke arah yang lebih baik, mulai dari kepribadian, ibadah serta ketaatan pada Allah SWT. Ketika hijrah ada hal baru yang kita temui dan tentu juga ada hal lama yang harus kita tinggalkan bahkan lupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar