Senin, 26 Desember 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP Tematik)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP Tematik)
Tahun Pelajaran 2016/2017


Nama Sekolah          : SDN Banyuwangi 2
Kelas/Semester         : 1/1 (Satu)
Tema                        : Aku
Sub Tema                 : Aggota Tubuhku
Pembelajaran Ke      : 1 (Satu)
Fokus Pembelajaran : IPA 
Alokasi Waktu         : 1 x Pertemuan (1 x 35 Menit)
Disusun Oleh            : Sofiatuz Zahrotul Uyun (NIM. 2227150

A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan perintah ajaran agama serta kepercayaan yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, mandiri, kreatif, komunikatif, serta menghargai sesama berdasarkan kegiatan interaksinya dengan lingkungannya.
3. Memahami pengetahuan konkret dengan cara mengamati (melihat, mendengarkan, bertanya) berdasarkan rasa keingintahuannya tentang anggota tubuh dan fungsi yang dimilikinya.
4. Menyajikan pengetahuan konkret dalam bentuk penyampaian yang aktif dan logis, dalam bentuk karya yang estetis, dan dalam bentuk gerakan yang mencerminkan anak sehat dan mencerminkan perilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Ilmu Pengetahuan Alam
  • Kompetensi Dasar
1.1 Mengetahui kegunaan anggota tubuh dalam konsep peribadatan sesuai dengan ajaran agama serta kepercayaan yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan sikap terbuka dan positif dalam kaitannya dengan mempergunakan anggota tubuh sesuai fungsi tanpa mengabaikan tata aturan dalam berperilaku.
3.3 Memahami pengetahuan konkret tentang bentuk serta fungsi anggota tubuh dengan cara mengamati (melihat, mendengarkan, dan bertanya) dengan bantuan guru dan teman.
4.4 Menjelaskan bentuk serta fungsi anggota tubuhnya dengan tepat secara lisan, dan menunjuk langsung bagian tubuh yang dimaksud dengan bantuan guru dan teman.
  • Indikator
1.1.1 Menyebutkan bagian anggota tubuh yang berfungsi dalam kegiatan peribadatan sehari-hari.
2.2.1 Mempergunakan anggota tubuh sesuai dengan fungsi tanpa mengabaikan tata aturan dalam berperilaku.
3.3.1 Mendiskusikan bentuk serta fungsi dari anggota tubuhnya
4.4.1 Menunjuk dan mengelompokkan bagian anggota tubuh sesuai bentuk dan fungsinya.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui dan memahami bentuk serta fungsi dari anggota tubuhnya.
2. Dengan melihat guru menjelaskan dan menunjuk anggota tubuh sesuai bentuk dan fungsinya, siswa dapat mengingat lebih lama materi yang disampaikan guru.
3. Dengan melakukan diskusi dan tanya jawab, siswa dapat lebih memperdalam pengetahuannya mengenai bentuk dan fungsi anggota tubuh melalui interaksinya dengan orang lain.
4. Dengan menjelaskan kembali bentuk dan fungsi anggota tubuhnya, siswa dapat dengan mudah mengingat dan mengimitasi (menunjuk kembali) anggota tubuhnya sesuai bentuk dan fungsi.

D. Materi Pembelajaran
AKU (Anggota Tubuhku)
1) Bagian-bagian Tubuh
Memperhatikan gambar tubuh manusia dan deskripsi bentuk

Gambar 1.1 Anggota tubuh manusia


2) Fungsi Bagian-bagian Anggota Tubuh
Segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT sudah tentu memiliki makna dan fungsi tanpa terkecuali. Begitupun dengan anggota-anggota tubuh yang telah dianugerahkan kepada kita. Setiap bagian dari anggota tubuh kita memiliki fungsi, dan sudah sepatutnya kita memanfaatkan dan mempergunakan anggota tubuh kita dengan penuh rasa tanggung jawab.
Berikut ini fungsi-fungsi dari anggota tubuh kita, yaitu:
1. Rambut
Fungsi dari rambut adalah untuk melindungi kepala dari sengatan sinar matahari dan menjadi mahkota kepala yang memperindah bentuk tubuh.
2. Mata
Mata berfungsi sebagai alat penglihatan. Tanpa mata tentu kita tidak dapat melihat keindahan yang ada di dunia. Mata menjadi salah satu organ penting dalam tubuh kita.
3. Telinga
Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran. Dengan adanya telinga, kita dapat mendengar bunyi atau suara yang beragam, seperti suara tangisan, klakson mobil, suara manusia berbicara, dan lain-lain.
4. Mulut
Fungsi dari mulut adalah sebagai alat bicara dan tempat awal masuknya makanan sebagai asupan energi ke dalam alat-alat pencernaan.
5. Hidung
Hidung berfungsi sebagai alat penciuman. Hidung dapat membaui bermacam-macam bebauan yang ada di bumi ini.
6. Tangan
Tangan merupakan anggota alat gerak. Tangan berfungsi menggerakkan sesuatu yang kita pegang/genggam. 
7. Kaki
Kaki merupakan anggota alat gerak yang berfungsi untuk membantu kita dalam berjalan maupun berlari. Selain itu, kaki pun berfungsi sebagai penopang tubuh terlebih saat kita berdiri.

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
2. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan penugasan
3. Model Pembelajaran
Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif) dengan Group Investigation
4. Media/Alat dan Sumber Pembelajaran
a. Buku
b. Internet
c. Gambar anggota tubuh manusia
d. KALUBAKU (Kartu Lucu Bantu Aku)

Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pembukaan  (5 Menit)
1. Guru menyapa dan memberi salam kepada siswa.
2. Guru menunjuk salah seorang siswa untuk memimpin doa di depan kelas.
3. Guru menanyakan kabar siswa kemudian memeriksa daftar hadir siswa.
4. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan pembelajaran. 

B. Inti  (25 Menit)
1. Guru memberikan pertanyaan ringan mengenai anggota tubuh manusia.
2. Guru menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
3. Guru mempersilahkan salah satu siswa untuk maju ke depan untuk memimpin siswa lainnya dalam menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” bersama-sama.
4. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh manusia yang ditempatkan di depan kelas.
5. Guru mengelompokkan siswa ke dalam 7 kelompok.
6. Guru memberikan penugasan pada seluruh kelompok, kemudian menjelaskan aturan main dalam kegiatan belajar mengenai anggota tubuh manusia.
7. Guru mempersilahkan seluruh kelompok untuk memulai pengerjaan tugas yang telah diberikan.
8. Siswa selesai mengerjakan tugas, kemudian siswa perwakilan kelompok dengan bantuan guru menempelkan hasilnya pada gambar anggota tubuh manusia yang diletakkan di depan kelas.
9. Guru menunjuk salah satu siswa dari masing-masing kelompok untuk memaparkan materi sesuai penugasan yang diberikan pada kelompoknya, sedangkan siswa lainnya menyimak.
10. Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah diajarkan pada siswa.
11. Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah diajarkan pada hari ini.

C. Penutup  (5 Menit)
1. Guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara mereview materi yang telah diajarkan, guru memberikan pertanyaan lisan dan siswa menjawab secara lisan, cepat, dan tepat bersama-sama.
2. Guru memberikan hadiah untuk siswa yang aktif selama proses belajar.
3. Guru memberikan motivasi kepada seluruh siswa.
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa di depan kelas sebelum pulang.
5. Guru dan siswa tertib meninggalkan kelas. 

F. Penilaian
Jenis penilaian
a. Penilaian spiritual
Observasi selama pembelajaran berlangsung
b. Penilaian sikap
Observasi selama pembelajaran berlangsung
c. Penilaian pengetahuan
- Lembar latihan kelompok dengan menggunakan KALUBAKU (Kartu Lucu Bantu Aku).
- Pendeskripsian fungsi anggota tubuh oleh siswa.
d. Penilaian keterampilan
1. Kreativitas siswa dalam pembuatan KALUBAKU 
2. Pemaparan siswa mengenai bentuk dan fungsi anggota tubuh 






Serang, 31 Oktober 2016
Wali kelas,




Sofiatuz Zahrotul Uyun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar