Minggu, 25 Desember 2016

4 CARA BERBEDA ORANG AKAN BERIMAN KEPADA ALLAH

1. Iman yang disebabkan oleh akal sehat
Seseorang dengan tipe ini akan beriman kepada Allah hanya dengan berfikir dengan menggunakan akal sehatnya. Seperti berfikir tentang manusia yang dari dulu hingga sekarang pasti ada penciptanya. Manusia tidak mungkin dapat menciptakan dirinya sendiri. Seperti yang disebutkan pada firman Allah:
Apakah mereka ini diciptakan tanpa sesuatupun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri) (QS; At-Thur:35)

2. Iman yang disebabkan reward (hadiah)
Sewaktu kecil mungkin kita biasa mendengar kalimat yang mengatakan bahwa jika kita melakukan suatu perbuatan baik, maka kita akan mendapatkan pahala dan masuk surga. Ternyata bagi sebagian orang ini dapat membuat mereka seketika mempercayai eksistensi tuhan mereka dan termotivasi untuk selalu berbuat baik agar dapat masuk surga.

3. Iman yang disebabkan oleh hukuman
Kebalikan dari reward, hukuman juga dapat membuat sebagian orang takut dan akhirnya beriman kepada Allah. Hukuman yang diberikan ketika masih berada di dunia hingga panasnya api neraka dapat membuat sebagian orang berfikir dua kali untuk tetap melakukan larangan-larangannya. Semoga kita semua terhindar dari hukuman di dunia dan azab api neraka.

4. Iman yang disebabkan oleh logika
Bagi sebagian orang, ketiga hal yang disebutkan diatas tidak dapat membuat mereka yakin begitu saja dengan keberadaan Allah SWT. Biasanya ini adalah orang-orang yang biasa menggunakan logikanya dalam berfikir. Orang-orang yang memiliki tipe seperti ini harus mau mempelajari lebih dalam tentang islam dan mencari kebenaran atas pertanyaan-pertanyaan mereka. Logika seperti apakah yang akan membuat orang-orang ini akan beriman kepada Allah? Salah satunya ialah logika tentang kebenaran akan isi Al-quran yang membantu para ilmuan untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan tentang alam semesta. Di luar sana ada beberapa pemuka islam yang juga memiliki tipe seperti ini, salah satunya adalah Zakir Naik dan Ahmed Deedad.

Itulah 4 tipe berbeda yang menyebabkan seseorang akan beriman kepada Allah. Sudah sepatutnya kita untuk dapat memahami diri sendiri dan menggali lebih dalam tentang islam agar kita bisa mencintai sang khalik dan selamat di dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar